Jumat, 30 April 2010

10 tips untuk menggapai tujuan anda

Semua orang tentu ingin menggapai tujuan ataupun cita-cita dalam hidupnya. Hal yang terindah dalam hidup ketika semua tujuan kita tercapai bukan ?. Namun, untuk mencapai tujuan anda tentu bukanlah hal yang mudah. Butuh proses yang panjang. Berikut ada 10 tips untuk membantu anda dalam mencapai tujuan anda.

1. Buatlah komitmen untuk mencapai tujuan Anda. “Satu orang dengan komitmen lebih berharga daripada seratus orang yang hanya punya keinginan”. -- Mary Crowley.

2. Detailkan setiap kegiatan. Catat kemajuan Anda dalam menuju tujuan setiap malam, dan tulis tujuh hal yang paling penting yang harus Anda kerjakan besok. Disiplin harian adalah kunci untuk meraih tujuan.

3. Bangunlah hidupmu di atas dasar kejujuran, karakter, integritas, kepercayaan, cinta, dan kesetiaan. Dasar ini akan memberi Anda jalan lancar untuk meraih setiap tujuan yang telah anda tetapkan.

4. Rombak tujuan-tujuan yang sifatnya menengah dan panjang ke dalam tujuan-tujuan bertahap dan dapat dicapai.

5. Siapkan diri untuk berubah. Anda tidak dapat mengendalikan iklim, inflasi, tingkat suku bunga, bursa saham, dll. Ubahlah keputusan anda menuju tujuan dengan hati-hati, dengan menjadikanlah kondisi itu sebagai dasarnya.

6. Bagikan/ceritakan tujuan-tujuan perubahan diri anda (seperti menghentikan kebiasaan merokok, bersikap kasar, suka menunda, makan tak teratur, dll) kepada banyak teman. Mereka akan meneguhkan Anda dalam mencapai tujuan-tujuan itu.

7. Jadilah seorang pemain team. Ingat: Anda baru dapat memiliki segalanya yang Anda inginkan dalam hidup jika Anda membantu orang-orang lain meraih apa yang mereka inginkan.

8. Lihatlah apa yang ingin Anda capai. Dalam imajinasi Anda bayangkanlah diri Anda mendapatkan apa yang Anda idamkan.

9. Setiap kali anda mencapai tujuan anda, kepercayaan diri anda akan tumbuh sehingga Anda akan dapat melakukan hal-hal yang lebih besar dan lebih baik. Setelah menyelesaikan setiap tujuan Anda, catat dalam buku harian Anda.

10. Ingat, dalam pencapaian tujuan, yang lebih penting adalah “what you become” daripada “what you get”, karena dengan itu lahirlah “The Winner” dalam diri Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar